• About this Blog

Apa Perbedaan Laptop, Notebook, Netbook, Ultrabook, Chromebook dan Macbook?

 on Kamis, 19 Mei 2016  

Sekarang kita berada di zaman yang serba portabel. Serba mudah di bawa kemana-kemana . Termasuk pula perangkat komputer. Bahkan perangkat komputer portabel ini hampir menggantikan keberadaan komputer desktop, komputer yang hanya diam di atas meja yang tidak bisa di bawa ke mana-mana.

Perangkat komputer portabel ini banyak sekali macamnya. Seperti misalnya laptop, notebook, netbook, ultrabook, macbook, chromebook dan sebagainya. Perangkat-perangkat komputer portabel ini tidaklah sama, mereka diciptakan memiliki tujuan dan fitur masing-masing. Dan yang pasti tujuan diciptakan gadget ini adalah kebutuhan akan perangkat komputasi yang portabel, yang bisa di bawa ke mana.


1. Laptop

Secara umum perangkat komputer portabel diistilahkan dengan laptop. Secara bahasa Laptop berarti “di atas pangkuan” dan komputer laptop berarti perangkat komputer yang ukurannya cukup kecil sehingga bisa diletakkan di atas pangkuan kita. Desktop berarti “di atas meja” dan komputer desktop berarti perangkat komputer yang karena ukurannya yang besar maka diletakkan di atas meja.

Laptop hadir untuk menggantikan fungsi komputer desktop dengan kelebihan bisa dibawa kemana-mana, alias portabel. Dengan kata lain laptop dikatakan sebagai wujud portabel dari komputer desktop. Dan fitur-fitur yang ditawarkan juga hampir menyamai komputer desktop atau PC (Personal Computer).

Sekarang penggunaan istilah laptop sudah jarang. Orang lebih suka menyebutnya Notebook. Para produsennyapun lebih suka menggunakan istilah Notebook daripada laptop.

Dulunya perbedaam antara Notebook dan Laptop masih bisa dilihat. Notebook memiliki ukuran yang lebih kecil daripada laptop serta fitur yang ditawarkan juga lebih sedikit dibanding laptop. Namun sekarang mungkin kita tidak bisa lagi membedakan mana laptop mana Notebook. Ukuran dan kemampuannya pun hampir sama. Tinggal produsennya saja mau menyebut produknya apa, laptop atau notebook.

2. Notebook


Notebook pada awalnya di desain seperti namanya, Notebook, buku catatan. Sebagaimana sebuah buku catatan yang dengan mudah dimasukkan ke dalam tas dan dibawa ke mana-mana. Tidak sekedar portable, tetapi lebih kepada perangkat yang mobile. Namun sekarang Notebook tidak sekedar lebih portabel dari laptop tapi juga kemampuannya yang hampir menyamai komputer desktop.

Secara fisik Notebook memiliki berat sekitar 5 kg dengan kemampuan batterai tahan hingga 4 – 5 jam tanpa bantuan sumber listrik dari luar dan sebelumnya batteri di cas penuh. Memiliki layar dengan ukuran sekitar 12 – 15 inchi dan mendukung tampilan layar resolusi tinggi. Ada touchpad yang menggantikan mouse.

Dilengkapi berbagai terminal koneksi eksternal seperti beberapa port USB, HDMI, VGA. Terdapat pula CD Drive yang bisa DVD atau Blu-Ray bahkan berkemampuan baca/tulis CD (read/write). Dilengkapi pula dengan kemampuan koneksi nirkabel Bluetooth dan Wifi. Jenis Notebook terbaru bahkan memiliki kemampuan memproses grafis yang tinggi dan cocok buat main game.

3. Netbook

Netbook di desain untuk penggunaan komputasi dasar, lebih kecil dan ringan serta lebih portabel dari pada notebook. Di samping sesuai namanya, Netbook ditujukan juga untuk bisa browsing internet di manapun berada karenanya Netbook selau dilengkapi dengan koneksi wi-fi.

Secara fisik, Netbook memiliki berat sekitar 1 -2 kg, ukuran layar yang lebih kecil antara 9 – 10 inchi. Karena ukurannya yang kecil, biasanya Netbook tidak dilengkapi dengan CD Drive. Kemampuan prosesor yang lebih terbatas dan tidak sanggup untuk me-render grafik yang tinggi. Resolusi layar yang rendah dan hanya cocok untuk mengerjakan pekerjaan kantoran. Dengan banyaknya keterbatasan pada netbook ini, harganyapun lebih murah. Netbook lebih populer dikalangan anak sekolahan atau mahasiswa. Namun netbook menjadi kurang populer semenjak munculnya iPad dan tablet.

4. Ultrabook

Saat ini muncul juga seri baru dari laptop yang dikenal dengan istilah Ultrabook. Istilah ini pertamakali dikenalkan oleh Intel untuk laptop yang ringan dan tipis namun memiliki kinerja yang tinggi. Ultrabook dianggap sebagai respons terhadap Macbook Air yang dirilis oleh Apple. Selanjutnya istilah Ultrabook juga diikuti oleh para produsen lainnya. Dengan kata lain Ultrabook adalah sejenis Macbook Air buatan Intel.

Ultrabook merupakan perangkat komputer portabel yang ringan dan tipis seperti netbook namun memiliki kemampuan komputasi setara notebook. Di desain memiliki keunggulan netbook sekaligus notebook. Karenanya harganyapun sangat tinggi. Apalagi untuk memenuhi tuntutan ini Ultrabook menggunakan SSD (Solid State Drive) yang memiliki keunggulan lebih cepat, lebih handal dan kinerja yang lebih baik dari pada HDD (Hard Disk Drive).

Umumnya Ultrabook memiliki berat sekitar 1,5 kg, tebal kurang dari 2 cm dengan ukuran layar antara 11 – 15 inchi. Karena tipis dan ringannya ini Ultrabook pun tidak dilengkapi oleh CD Drive. Cocok untuk tugas komputasi pada umumnya dan game-game ringan namun akan terasa berat menjalankan game-game yang 3D.

5. Chromebook

Chromebook adalah sejenis perangkat portabel komputer  yang ringan yang menggunakan Google Chrome sebagai sistem operasinya. Tujuan diciptakanya Chromebook ini adalah menghadirkan perangkat komputer portabel yang murah karena tidak lagi menggunakan Windows sebagai sistem operasi.

Chromebook didesain bekerja dengan memanfaatkan koneksi internet karena sebagian besar aplikasi dan data di simpan di internet (di awan, “cloud”). Dan Google menyediakan kapasitas penyimpanan di internet (cloud) masing-masing 100 GB untuk setiap Chromebook.

Walaupun Chromebook bekerja dengan memanfaatkan jaringan internet, bukan berarti Chromebook tidak bisa bekerja jika tidak ada jaringan internet. Google juga menyediakan software yang bisa di gunakan saat offline dan akan segera disinkronisasikan dan disimpan di “awan” (Google Drive) saat sudah terkoneksi kembali ke jaringan internet.

6. Macbook Air

Seperti diuraukan di atas, Macbook Air adalah wujud lain dari Ultrabook. Bedanya Ultrabook pertamakali diciptakan oleh Intel dan menggunakan Windows sebagai sistem operasinya (OS) sedangkan Macbook Air diciptakan oleh Apple dan menggunakan MacOS sebagai sistem operasinya. Tidak seperti Ultrabook yang diproduksi oleh berbagai macam produsen komputer, Macbook Air hanya diproduksi oleh Apple Computer.

Secara fisik berat dan ketebalannya hampir sama dengan Ultrabook. Begitu juga dengan kemampuan serta fiturnya yang bisa dikatakan hampir sama dengan Ultrabook.


Sekian postingan dari saya dan semoga bermanfaat :) 


*Diolah dari berbagai macam sumber

Apa Perbedaan Laptop, Notebook, Netbook, Ultrabook, Chromebook dan Macbook? 4.5 5 Unknown Kamis, 19 Mei 2016 Sekarang kita berada di zaman yang serba portabel. Serba mudah di bawa kemana-kemana . Termasuk pula perangkat komputer. Bahkan perangkat k...


1 komentar:

Gunakanlah fitur komentar ini dengan baik :)

FarhanPress